Daftar Operator CDMA Indonesia Yang Terancam Merugi

Teknologi Seluler CDMA (Code Division Multiple Access) akhir-akhir ini dikabarkan akan tidak dihidupkan lagi, padahal pengguna dari jaringan seluler CDMA ini termasuk banyak di Indonesia. Entah itu kabar benar atau hanya isu semata.

Kabar tersebut membuat beberapa operator CDMA di Indonesia menjadi khawatir dan apabila hal itu benar, maka operator CDMA di Indonesia harus beralih ke Teknologi LTE dan secara otomatis pengguna CDMA pun juga harus berganti perangkat seluler.

Di Indonesia sendiri ada beberapa Operator Seluler CDMA yang telah memiliki pelanggan banyak dan bisa dikatakan sudah berkembang.

CDMA INDONESIA MERUGI

Beberapa perusahan operator seluler CDMA yang akan terkena dampak apabila Teknologi CDMA mati adalah sebagai berikut :

1. Smartfren

Operator seluler yang satu ini telah memiliki pelanggan yang banyak. Tercatat pada akhir tahun 2012 pun sekitar 10 juta pelanggan. PT Smartfren Telecom sendiri sudah memiliki pasar yang luas khususnya untuk layanan internet nirkabel.  Jaringan CDMA nya pun sudah sampai ke EVDO Rev-B atau setara dengan 3,5G.

2. Flexi

Flexi merupakan salah satu produk dari PT. Telkom Indonesia. Penggunanya pun juga sudah banyak, baik pengguna untuk seluler maupun untuk jaringan internet nirkabel. Dan saat ini juga sudah memiliki teknologi EVDO REV B Fase 1 setara dengan 3.5G namun hanya 10 Mbps, masih dibawah Smartfren yang sudah sampai 14,7 Mbps.

3. Esia

Perusahan Operator Seluler CDMA milik PT. Bakrie Telecom ini juga dihinggapi rasa khawatir jika CDMA benar-benar mati. Salah satu produknya yang berbasis internet adalah AHA.

4. StarOne

StarOne adalah produk CDMA dari Indosat. Namun, berbeda dengan operator-operator di atas, StarOne ini kurang diminati masyarakat.  Penggunanya pun hanya sekitar ratusan ribu saja. Itupun masih ada penyusutan dari tahun ke tahun.

5. Ceria

Ceria ini milik dari PT Sampoerna Telekomunikasi Indonesia. Operator Seluler CDMA Ceria ini memang fokus untuk wilayah terpencil yang tidak tercoverage oleh sinyal operator lain.

Itulah beberapa operator CDMA Indonesia yang terancam hilang karena Teknologi CDMA yang akan mati.

Daftar Operator CDMA Indonesia Yang Terancam Merugi Reviewed by CAOSWEB on . This Is Article About Daftar Operator CDMA Indonesia Yang Terancam Merugi

Teknologi Seluler CDMA (Code Division Multiple Access) akhir-akhir ini dikabarkan akan tidak dihidupkan lagi, padahal pengguna dari jaringan seluler CDMA ini termasuk banyak di Indonesia. Entah itu kabar benar atau hanya isu semata. Kabar tersebut membuat beberapa operator CDMA di Indonesia menjadi khawatir dan apabila hal itu benar, maka operator CDMA di Indonesia harus beralih […]

Rating: 5

Comments are closed.